Breaking News

Cara Mancing Udang Galah ( CongHa ) di Sungai / Muara Sungai

Cara Mancing Udang Galah ( CongHa ) di Sungai / Muara Sungai

Mancing ikan merupakan salah satu hobi yang bisa menghilangkan semua permasalahan hidup.Mancing juga merupakan salah satu hobi sangat sulit di hilangkan baik mancing di laut,sungai tambak dan rawa.

Untuk Area Pasuruan biasanya para pemancing Udang memilih lokasi di area Sungai Kraton, Rejoso atau Tlocor ( muara sungai Porong ).

Sebenarnya sangat mudah jika sudah mengetahui teknik serta peralatan yang wajib kita siapkan.Sampai saat ini,Masih banyak orang kesulitan baik untuk menentukan jenis umpan,peralatan dan mata kail seperti apa paling tepat untuk mancing Udang Galah ( CongHa ) di sungai atau Muara Sungai..

Sebelum kita terjun langsung ke sungai untuk mancing ikan ini.Kita perlu untuk mengetahui Gaya hidup udang galah di habitat liarnya.Sebab dari sinilah nantinya kita akan menentukan jenis umpan apa dan kail apa serta joran berbentuk apa paling joss untuk mancing udang galah yang akan saya berikan petunjuk lengkapnya di bagian bawah

Udang galah merupakan salah satu jenis ikan yang hidupdi air tawar.ciri khas dari udang ini adalah memiliki bentuk badan dominan lebih besar jika di bandingkan dengan udang lainnya.selain itu udang galah lebih menyukai dan berkembang biak di perairan air dangkal..

Udang galah termasuk salah satu hewan omnivora yaitu hewan yang memakan segala jenis makanan,baik dari dedaunan,hewan kecil dan apa saja yang di jumpai untuk di santap.jika di daerah pulau jawa,udang galah sangat suka untuk memakan seperti Ubi busuk,kelapa yang memang jika untuk mincing udang galah di taburi dengan parutan ubi atau kelapa..

Cara membedakan udang galah cukup mudah,yaitu hanya dengan melihat cirri fisik dan bentuk dari udang tersebut.namun masih banyak juga orang kebingunan untuk menentukan kedua jenis kelamin jenis udang galah ini..

Udang galah jantan memiliki bentuk badan lebih besar,kokoh kuat bagian cupit besar dan badan panjang.ciri lain adalah bagian perut udang galah jantan lebih tips atau ramping jika kita bandingkan dengan udang galah betina..intinya dari semua bentuk badan,supit dan kepala,udang jantan lebih besar dari udang betina..

Teknik mancing udang galah di sungai

Cara Mancing Udang Galah ( CongHa ) di Sungai / Muara Sungai

Untuk mancing udang galah,kita memang di uji kesabaran kita,semakin sabar dan tekun,mungkin hasil pancing yang akan anda dapat mungkin akan lebih banyak.berikut beberapa peralatan yang biasa di gunakan untuk mancing udang galah di sungai.

Joran ( Stick Pancing )

Joran mancing udang galah tidak seperti untuk mancing ikan.bentuk serta panjang joran hanya berkisar kurang lebih 80 Cm dan memiliki kelenturan serta runcing di bagian ujung.Intinya joran tipis,pendek dan lentur untuk memudahkan saat menaikan udang galah ketika sudah memakan umpan kail kita

Tali.( Senar Pancing )

Tali yang kita gunakan juga harus di sesuaikan dengan lokasi,jenis udang,akan tetapi untuk mancing udang galah kita bisa menggunakan jenis tali pancing yang berukuran 0,15 atau 0,20..Untuk tali senar pancing dengan ukuran tersebut banyak di jual di toko pancing..

Timah Pemberat atau Timbel

Sesuaikan timah yang di gunakan dengan kondisi air saat kita mancing,jika air sedang mengalir deras,maka bisa menggunakan timah dengan ukuran sedikit besar supaya tidak terbawa arus.begitu juga sebaliknya,jika air dalam kondisi tenang dan dangkal,gunakan timah dengan ukuran sedang dan ringan.Teknik Mancing Udang Galah Di Sungai

Jenis Umpan Mancing Udang Galah Sungai

Nah,untuk salah satu faktor paling penting adalah jenis umpan yang kita gunakan..hal ini akan menentukan hasil yang akan kita dapat.Untuk mancing udang galah sesuai pengalaman,maka dari rumah anda bawalah parutan kelapa atau parutan ubi secukupnya untuk kita tabur di sekitar lokasi mancing kita..

kedua bahan pakan tersebut paling di sukai jenis udang galah ini.maka jalan salah satunya supaya udang keluar dan memakan umpan kita,daerah lokasi sekitar kita mancing harus kita taburi ubi atau kelapa terlebih dahulu..

Umpan cacing adalah salah satu kesukaan udang galah,jadi anda di rumah bisa menggunakan jenis umpan ini untuk mancing udang galah di perairan yang dangkal.Jika air sedikit keruh dan agak dalam,kita bisa menggunakan umpan dari jenis anak udang yang biasa di sebut rebon atau ( germut bahasa Pasuruan untuk anak udang kecil kecil )..

Ingat rebon atau anak udang kecil yang kita gunakan juga harus udang yang masih segar dan hidup.Umpan inilah yang paling tepat untuk mincing udang galah.yang terpenting jika menggunakan jenis umpan anak udang masih kondisi segar dan hidup..itu saja kuncinya..

Semoga bermanfaat…

No comments